Ticker

6/recent/ticker-posts

Theatre is...

Teater (Bahasa Inggris "theater" atau "theatre", Bahasa Perancis "théâtre" berasal dari Bahasa Yunani "theatron", θέατρον, yang berarti "tempat untuk menonton") adalah cabang dari seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran di depan penonton dengan menggunakan gabungan dari ucapan, gestur (gerak tubuh), mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain. Bernard Beckerman, kepala departemen drama di Univesitas Hofstra, New York, dalam bukunya, Dynamics of Drama, mendefinisikan teater sebagai " yang terjadi ketika seorang manusia atau lebih, terisolasi dalam suatu waktu/atau ruang, menghadirkan diri mereka pada orang lain." Teater bisa juga berbentuk: opera, ballet, mime, kabuki, pertunjukan boneka, tari India klasik, opera Tiongkok, mummers play, improvisasi performance serta pantomim. (http://id.wikipedia.org/wiki/Teater)

Teater Koma "Sie Jin Kwie di Negeri Sihir"
Jakarta (ANTARA News) - Rangga Riantiarno, pemeran utama Teater Koma berlakon "Sie Jin Kwie di Negeri Sihir" mengatakan bahwa bermain peran dalam teater telah membuatnya menjadi pribadi yang peka.

"Teater telah membuat saya peka karena seni peran pada dasarnya adalah seni memperhatikan orang lain sehingga kita tahu bagaimana cara memerankan peran orang tersebut," kata Rangga di sela-sela pementasan Sie Jin Kwie di Jakarta, Selasa.

Rangga, yang juga merupakan sutradara pementasan "Antigoneo" Oktober tahun lalu di Gedung Kesenian Jakarta tersebut mengatakan bahwa dia tertarik dengan seni teater karena teater dapat menggabungkan berbagai aspek kesenian.

"Saya senang ikut teater karena teater merupakan seni gabungan dari seni gerak, grafis, tari, dan lain-lain, saya memang sudah kenal teater sejak kecil, tapi baru bergabung di Teater Koma pada 2007 karena saya tahu banyak yang bisa saya pelajari dari teater," kata Rangga yang merupakan putera dari salah satu pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno.

Cerita "Sie Jin Kwie" merupakan saduran dari roman karya Tiokengjian dan Lokoanchung. Pertunjukan teater digelar dari tanggal 1 hingga 31 Maret 2012 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Pertunjukan digelar satu bulan penuh dengan libur pada hari Senin. Salah satu hal yang menarik dalam pementasan "Sie Jin Kwie di Negeri Sihir" adalah dihadirkannya motif batik peranakan dalam lebih dari 300 busana dan kostum para pemeran.

Ide tersebut terinspirasi dari dalang wayang kulit China-Jawa, Gan Thwan Sing (1885-1966) yang telah menciptakan lebih dari 900 sosok wayang berwujud ksatria China yang berbusana batik Jawa. (I027/M009)
Naskah Drama Teater No Alfabet 
Naskah Drama Teater Alfabet : A 
Naskah Drama Teater Alfabet : B 
Naskah Drama Teater Alfabet : C 
Naskah Drama Teater Alfabet : D 
Naskah Drama Teater Alfabet : E
Naskah Drama Teater Alfabet : F
Naskah Drama Teater Alfabet : G
Naskah Drama Teater Alfabet : H
Naskah Drama Teater Alfabet : I
Naskah Drama Teater Alfabet : J
Naskah Drama Teater Alfabet : K
Naskah Drama Teater Alfabet : L
Naskah Drama Teater Alfabet : M
Naskah Drama Teater Alfabet : N
Naskah Drama Teater Alfabet : O
Naskah Drama Teater Alfabet : P
Naskah Drama Teater Alfabet : Q
Naskah Drama Teater Alfabet : R
Naskah Drama Teater Alfabet : S
Naskah Drama Teater Alfabet : T
Naskah Drama Teater Alfabet : U
Naskah Drama Teater Alfabet : W
Naskah Drama Teater Alfabet : Z
UPDATE NASKAH DRAMA MARET 2012

Posting Komentar

0 Komentar