Ticker

6/recent/ticker-posts

Review Acara Dieng Culture Festival 2015, Harmony For Culture

Apakah dari sekian pembaca blog ini ada yang belom ngerti Dieng? Dieng adalah daerah dataran tinggi yang berlokasi di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.
Pada tanggal 31 Juli, 1, dan 2 Agustus 2015 lalu, telah terlaksana Dieng Culture Festival yang ke-6.
Apa itu Dieng Culture Festival? mari simak artikel saya kebawah :)
Festival Budaya Dieng (Dieng Culture Festival) disingkat DCF adalah kegiatan kebudayaan yang digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Event kebudayaan ini digagas sebagai kegiatan pelestarian kebudayaan dan tradisi, sekaligus sebagai promosi potensi wisata alam dan kebudayaan di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Acara utama dalam Dieng Culture Festival adalah ritual cukur rambut anak bajang, dimana dalam tradisi masyarakat di Dataran Tinggi Dieng, anak bajang yang memiliki rambut gimbal jika hendak dicukur rambutnya harus melalui prosesi ruwatan yang sakral. Tradisi tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Selain acara utama ruwatan rambut gimbal anak Bajang, acara kebudayaan ini juga melibatkan pertunjukan kontemporer untuk mewarnai festival. Pagelaran Jazzatasawan adalah salah satu pertunjukan sebagai perpaduan / kolaborasi antara pengembangan seni tradisi dan industri kreatif modern. Kedepan, kegiatan kebudayaan ini akan terus diselenggarakan dengan agenda utama ruwatan anak berambut gembel, serta berbagai acara pendukung yang akan dikreasikan agar lebih menarik.

Berikut Susunan acara #DCF2015:


























Berikut beberapa dokumentasi yang aku dapatkan sepulang dari acara ini:


Pembukaan Festival


Jazz Atas Awan

  

Pagelaran Seni Budaya

  


Pelepasan Lampion dan Pesta Kembang Api


Ruwatan Anak Gimbal

  


Untuk Informasi seputar Dieng lebih lengkap dan akurat, kunjungi website dieng.id

Posting Komentar

0 Komentar